Antara Rukyat dan Hisab

PERBEDAAN HARI RAYA IDUL FITRI 1427

(Hasil Bahtsul Masail Internal LBM PP. Lirboyo tahun 2006)

Kerangka Analisis Masalah

Meski telah terjadi beberapa kali dalam satu dasawarsa ini, perbedaan hari raya Idul Fitri nampaknya masih menjadi bahan kontroversi menarik di sejumlah kalangan. Perbedaan ini bukan saja timbul karena perbedaan orientasi penetapan berdasarkan hisab ataupun ru’yah, atau berbagai perbedaan (khilafiyah) teori ru’yah dan hisab. Di kalangan warga nahdliyyin sendiri terjadi perbedaan hari raya. PBNU dan Pemerintah sepakat membuat keputusan (itsbat) hari raya Idul Fitri 1427 jatuh pada hari Selasa dan menolak hasil ru’yah di beberapa daerah. PWNU Jawa Timur dengan berlandaskan hasil ru’yah di Bangkalan meng-ikhbar-kan hari raya Senin. Daerah-daerah di Jawa Timur khususnya (sejumlah PCNU) pun menyikapi dualisme ini secara beragam. Ada yang mengekor hasil ru’yah serta ikhbar PWNU. Sementara itu, Pemerintah melalui Departemen Agama, tidak memaksakan hasil “itsbat” yang dilakukan bersama sejumlah ormas Islam untuk diikuti namun mempersilahkan umat Islam untuk berhari raya sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

Pertanyaan

Dalam perspektif hukum fiqh, manakah diantara dua perbedaan hari raya di atas yang wajib diikuti oleh kaum muslimin?

Jawaban

Menyikapi permasalahan di atas, para ulama berbeda pendapat :

@      Imam As-Subki berpendapat bila menurut ahli hisab pada suatu hari dinyatakan tidak mungkin terlihat hilal maka hasil ru’yah yang menyatakan terlihatnya hilal pada saat itu tidak dapat dibenarkan. Karena menurutnya validitas perhitungan (hisab) atas tidak mungkinnya ru’yah oleh ahli hisab tidak dapat dimentahkan dengan ru’yah yang (menurutnya) hanya mampu mengantarkan pada taraf persangkaan (zhan). Ketidakmungkinan melihat hilal ini harus berdasarkan pada instrumen ilmu hisab yang memadai dan dinyatakan pasti serta telah teruji kebenarannya (valid-qath’iy);

@      Menurut Imam Romli, penentuan hilal hanya dapat dicapai melalui ru’yah atau istikmal (penggenapan bulan menjadi 30 hari), karena persaksian tentang munculnya hilal oleh saksi merupakan hal yang mendapat legitimasi syariat dengan sabda, “Shumu liru’yatihi wa-afthiru liru’yatihi” dengan mengabaikan mungkin ataupun tidak mungkinnya ru’yah (yang disampaikan oleh ahli hisab). Sehingga bila ada yang bersaksi bahwa hilal telah muncul, maka itu yang diikuti walaupun ahli hisab menyangsikan kesaksian ru’yah tersebut.

@      Imam Ibnu Hajar cenderung mengakomodir pro kontra penentuan hilal dengan mempertimbangkan ru’yah dan hisab. Ia bersepakat untuk mementahkan hasil ru’yah namun dengan syarat yang ketat. Yakni pernyataan yang disampaikan oleh ahli hisab (atas tidak mungkinnya ru’yah) harus didukung dengan kesepakatan seluruh ahli hisab serta disampaikan oleh golongan yang mencapai jumlah banyak (tawatur). Selanjutnya tendensi ilmu hisab yang digunakan harus hisab yang valid (qoth’iy), telah berulang kali terbukti kebenarannya. Jika tidak memenuhi persyaratan di atas, maka beliau menyatakan harus mengikuti hasil ru’yah.

Kesimpulan dari uraian di atas, fenomena perbedaan hari raya Idul Fitri yang terjadi pada tahun ini (1427) dapat dibenarkan sesuai dengan pendapat para ulama’, baik yang melaksanakannya pada hari Senin maupun Selasa.

فتاوى الرملي صحـ 358

(سُئِلَ) عَنْ قَوْلِ السُّبْكِيّ لَوْ شَهِدَتْ بَيِّنَةٌ بِرُؤْيَةِ الْهِلَالِ لَيْلَةَ الثَّلَاثِينَ مِنَ الشَّهْرِ وَقَالَ الْحِسَابُ بِعَدَمِ إمْكَانِ الرُّؤْيَةِ تِلْكَ اللَّيْلَةَ عُمِلَ بِقَوْلِ أَهْلِ الْحِسَابِ لِأَنَّ الْحِسَابَ قَطْعِيٌّ وَالشَّهَادَةَ ظَنِّيَّةٌ وَأَطَالَ الْكَلَامَ فِي ذَلِكَ فَهَلْ يُعْمَلُ بِمَا قَالَهُ أَمْ لَا وَفِيمَا إذَا رُئِيَ الْهِلَالُ نَهَارًا قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ يَوْمَ التَّاسِعِ وَالْعِشْرِينَ مِنَ الشَّهْرِ وَشَهِدَتْ بَيِّنَةٌ بِرُؤْيَةِ هِلَالِ رَمَضَانَ لَيْلَةَ الثَّلَاثِينَ مِنْ شَعْبَانَ هَلْ تُقْبَلُ الشَّهَادَةُ أَمْ لَا لِأَنَّ الْهِلَالَ إذَا كَانَ الشَّهْرُ كَامِلًا يَغِيبُ لَيْلَتَيْنِ أَوْ نَاقِصًا يَغِيبُ لَيْلَةً وَغَابَ الْهِلَالُ اللَّيْلَةَ الثَّالِثَةَ قَبْلَ  دُخُولِ وَقْتِ الْعِشَاءِ لِأَنَّهُ ﷺ كَانَ يُصَلِّي الْعِشَاءَ لِسُقُوطِ الْقَمَرِ لِثَالِثَةٍ هَلْ يُعْمَلُ بِالشَّهَادَةِ أَمْ لَا ؟ (فَأَجَابَ) بِأَنَّ الْمَعْمُولَ بِهِ فِي الْمَسَائِلِ الثَّلَاثِ مَا شَهِدَتْ بِهِ الْبَيِّنَةُ لِأَنَّ الشَّهَادَةَ نَزَّلَهَا الشَّارِعُ مَنْزِلَةَ الْيَقِينِ وَمَا قَالَهُ السُّبْكِيُّ مَرْدُودٌ رَدَّهُ عَلَيْهِ جَمَاعَةٌ مِنْ الْمُتَأَخِّرِينَ وَلَيْسَ فِي الْعَمَلِ بِالْبَيِّنَةِ مُخَالَفَةٌ لِصَلَاتِهِ ﷺ وَوَجْهُ مَا قُلْنَاهُ أَنَّ الشَّارِعَ لَمْ يَعْتَمِدْ الْحِسَابَ بَلْ أَلْغَاهُ بِالْكُلِّيَّةِ بِقَوْلِهِ نَحْنُ أُمَّةٌ أُمِّيَّةٌ لَا نَكْتُبُ وَلَا نَحْسِبُ الشَّهْرُ هَكَذَا وَهَكَذَا وَقَالَ ابْنُ دَقِيقِ الْعِيدِ الْحِسَابُ لَا يَجُوزُ الِاعْتِمَادُ عَلَيْهِ فِي الصِّيَامِ اهـ  وَالِاحْتِمَالَاتُ الَّتِي ذَكَرَهَا السُّبْكِيُّ بِقَوْلِهِ وَلِأَنَّ الشَّاهِدَ قَدْ يَشْتَبِهُ عَلَيْهِ إلَخْ لَا أَثَرَ لَهَا شَرْعًا لِإِمْكَانِ وُجُودِهَا فِي غَيْرِهَا مِنْ الشَّهَادَاتِ

فتاوي سيدي خليلي الجزء الأول صحـ112

(سُئِلَ ) عَمَّا لَوْ دَلَّ الْحِسَابُ عَلَى كِذْبِ الشَّاهِدِ فِيْ أَوَّلِ رَمَضَانَ أَوْ أَخِرِهِ بِأَنْ شَهِدَ فِي الْأَوَّلِ بِرُؤْيَةِ ِهلَالِ رَمَضَانَ وَدَلَّ الْحِسَابُ عَلَى كِذْبِ الشَّاهِدِ وَشَهِدَ فِي الثَّانِي بِرُأْيَةِ هِلَالِ شَوَّالٍ وَدَلَّ الْحِسَابُ عَلَى كِذْبِهِ فَهَلْ يَجِبُ فِي الْأَوَّلِ الصَّوْمُ وَفِي الثَّانِي الإِفْطَارُ عَمَلاً بِالرُّؤْيَةِ الْمُعَلَّقِ بِهَا الْحُكْمُ فِي الْإِخْبَارِ وَإِلْغَاءِ الحِسَابِ لِاحْتِمَالِ الْغَلَطِ فِيْهِ أَمْ لَا يَجِبُ صَوْمٌ فِي اْلأَوَّلِ وَلَا إِفْطَارٌ فِي الثَّانِي عَمَلاً فِي الْحِسَابِ لِأَنَّهُ مَبْنِيٌ عَلَى قَوَاعِدَ وَضَوَابِطَ وَأَهْلُهُ حَرَّرُوْهُ وَنِسْبَةُ الْغَلَطِ إلىَ الشُّهُوْدِ أَوْلَى مِنْ نِسْبَتِهِ إِلَى  الْحِسَابِ أَمْ يُفَصَّلُ فَيَجِبُ اَلصَّوْمُ وَلَايَجِبُ الإِفْطَارُ احْتِيَاطًا لِلْعِبَادَةِ فِيْهِمَا (أَجَابَ ) اعْلَمْ أَنَّ هَذِهِ الْمَسْأَلَةَ وَقَعَ فِيْهَا خِلَافٌ بَيْنَ عُلَمَاءِ أَهْلِ الْمَذْهَبِ مِثْلُ الْأَذْرَعِيِّ وَالسُّبْكِيِّ وَالْإِسْنَوِيِّ وَغَيْرِهِمْ وَتَبِعَهُمْ خَلْقٌ كَثِيْرٌ فَمَنْ ذَهَبَ إِلَى الْعَمَلِ بِالْحِسَابِ وَإِلْغَاءِ الشَّهَادَةِ مُطْلَقًا كَالسُّبْكِيّ وَمَنْ ذَهَبَ إِلَى قَبُوْلِهَا وَإِلْغَاِء الْحِسَابِ مُطْلَقًا عَنْ اَنْ يَكُوْنَ أَهْلُ الْحِسَابِ بَلَغُوْا عَدَدَ التَّوَاتُرِ أَمْ لَا وَالَّذِي اخْتَارَهُ ابْنُ حَجَرٍ وَغَيْرُهُ هُوَ إِنِ اتَّفَقَ أَهْلُ الْحِسَابِ عَلَى أَنَّ مُقَدِّمَاتِهِ قَطْعِيَّةٌ وَكَانَ اَلْمُخْبِرُوْنَ مِنْهُمْ بِذَلِكَ عَدَدَ التَّوَاتُرِ رُدَّتْ الشَّهَادَةُ وَإِلَّا بِأَنْ اخْتَلَفَتْ أَهْلُ الْحِسَابِ في مُقَدِّمَاتِهِ بَيْنَ كَوْنِهَا قَطْعِيَّةً وَظَنِّيَةً بِأَنْ قَالَ بَعْضُهُمْ إِنَّهَا قَطْعِيَّةٌ وَ بَعْضُهُمْ إِنَّهَا ظَنِّيَةٌ أَوْ قَالُوْا جَمِيْعًا إِنَّهَا ظَنِّيَةٌ أََوْلَمْ يَبْلُغُوْا عَدَدَ التَّوَاتُرِ فَالْعَمَلُ بِالشَّهَادَةِ هَذَا ظَاهِرُ كَلاَمِهِمْ فِي أَوَّلِ رَمَضَانَ وَالَّذِي يَظْهَرُ جَرَيَانُ مِثْلِهِ فيِ أَوَّلِ شَوَّالٍ فَيُعْمَلُ بِالْحِسَابِ إِذَا وُجِدَتْ شُرُوْطُهُ

About kang santri

fhdjkfhsfkjsdfhs
This entry was posted in Bahtsul Masa'il and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.